Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RANGKUMAN MATERI FULL STACK DEVELOPER BY STEVI EMA WIJAYANTI

FIAN PANIC RANGKUMAN MATERI FULL STACK DEVELOPER BY STEVI EMA WIJAYANTI oke  brot langsung saja simak di bawah ini untuk selengkapnya  :b


FLAT DESIGN - RANGKUMAN MATERI FULL STAK DEVELOPER



DEFINISI DEVELOPER
Developer adalah seorang programmer yang telah terlatih, developer tidak hanya menyelesaikan masalah, namun juga membangun suatu produk.
Dalam membangun sebuah aplikasi, developer tidak hanya fokus pada baris kode yang digunakan untuk membangun aplikasi, namun juga hal-hal lain seperti kinerja aplikasi, skalabilitas, maintanability, ketahanan dan keamanan aplikasi yang dibangun.

PERBEDAAN DEVELOPER DAN PROGRAMMER

PERBEDAAN DEVELOPER DAN PROGRAMMER

DEVELOPER

FRONT END
Front end developer memfokuskan diri pada tampilan luar/layout sebuah aplikasi yang berinteraksi langsung dengan user.

BACK END
Back end developer yang bertugas untuk membangun aplikasi, bagaimana data-data tersimpan dan bahkan server yang nanti akan digunakan oleh aplikasi tersebut.

FULL STACK
Full stack developer menguasai front end dan back end. Artinya full stack developer bagaimana membuat tampilan luar dari aplikasi sekaligus bagaimana aplikasi tersebut dibangun.

DEFINISI FULL STACK DEVELOPER

Full Stack Developer diperkenalkan pertama kali oleh Facebook’s Engineering Department sekitar tahun 2007. Idenya adalah full stack developer dapat bekerja lintas fungsionalitas pada dua teknologi yang berbeda yaitu front end dan back end. Intinya full stack developer menawarkan paket lengkap.
Full Stack Developer bekerja seperti back end developer yaitu pada sisi server, tetapi juga menguasai teknologi front end untuk mengontrol tampilan luar dari sebuah aplikasi.

illustrasi full stak developer


layer full stack developer

SERVER, NETWORK, HOSTING ENVIRONMENT
Full stack developer mengetahui bagaimana memanfaatkan file system dengan baik dan memiliki pengetahuan terhadap ketersediaan data dan redudansi data. Full stack developer juga mampu bekerja sama dengan bagian pengembangan aplikasi.

DATA MODELING
Full stack developer harus mengetahui bagimana membuat model relasional yang telah ternormalisasi, lengkap dengan foreign key, indeks, views dan tabel pencarian.
Full stack developer juga harus familiar dengan konsep penyimpanan data non-relasional dan memahami perbandingan keuntungan SQL dan no SQL.
Pemodelan data seharusnya dapat menyesuaikan sehingga mudah dipahami ketika pembuatan unit bisnis logic.

BUSINESS LOGIC
Logika bisnis adalah inti nilai (value) dari aplikasi yang akan disediakan, karena merupakan program yang mengelola komunikasi antara tampilan luar (interface) dengan database.
Komponen utama dari logika bisnis adalah aturan bisnis dan alur kerja yang terjadi, karena menjelaskan mengenai urutan operasi yang terkait dengan data dalam database untuk melaksanakan aturan bisnis. Aturan bisnis menjelaskan langkah-langkah procedural dalam input dan output data serta komponen apa saja yang diperlukan dalam proses tersebut.

API LAYER / ACTION LAYER / MVC
Pada layer ini, full stack developer harus memahami bahwa penggunaan kerangka kerja sangat penting.
Diperlukan pengetahuan mengenai dampak lingkungan eksternal yang beroperasi terhadap model data dan logika bisnis.
Full stack developer perlu memiliki kemampuan untuk menulis baris kode yang jelas dan konsisten, serta penggunaan antar muka (interface) yang sederhana.

USER INTERFACE
Full stack developer harus memiliki pemahaman bahwa desain visual yang menarik dan efektif dapat menjadi salah satu sisi kekuatan dari aplikasi yang sedang dibangun.
Full stack developer perlu memiliki pengetahuan bagaimana merancang sebuah layout yang mudah dibaca dan dipahami, untuk itu diperlukan bantuan dari desainer grafik (artist) dalam merancang sebuah layout.
Intinya implementasi desain visual yang baik adalah kunci dari layer ini.

USER INTERFACE
Full stack developer harus memiliki pemahaman bahwa desain visual yang menarik dan efektif dapat menjadi salah satu sisi kekuatan dari aplikasi yang sedang dibangun.
Full stack developer perlu memiliki pengetahuan bagaimana merancang sebuah layout yang mudah dibaca dan dipahami, untuk itu diperlukan bantuan dari desainer grafik (artist) dalam merancang sebuah layout.
Intinya implementasi desain visual yang baik adalah kunci dari layer ini.

UNDERSTANDING WHAT THE CUSTOMER AND THE BUSINESS NEED
Full stack developer memiliki kemampuan khusus untuk memahami apa yang diperlukan oleh pelanggan dan apa yang terjadi dalam proses bisnis, karena pada dasarnya full stack developer akan memahami lebih dalam berkaitan dengan keluhan pelanggan ketika menggunakan produk dan bagaimana dampak dari sisi bisnis yang berjalan.


DAFTAR RUJUKAN
•blog.udacity.com
•Teknik Full Stack Programming – M. Fairul Filza

Keyword Terkait:

pengertian full.stack developer, full stack developer adalah, 
kursus full stack developer, full stack developer indonesia, 
gaji full stack developer, arti full stack developer, gearman, 
apa itu stack developer, 

Post a Comment for "RANGKUMAN MATERI FULL STACK DEVELOPER BY STEVI EMA WIJAYANTI"