Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Point Penting Yang Harus Diterapkan Setelah Install WordPress

12 Point Penting Yang Harus Diterapkan Setelah Install WordPress


FIAN PANIC 12 Point Penting Yang Harus Diterapkan Setelah Install WordPress
Ketika selesai melakukan Install WordPress mungkin bingung apa yang harus dilakukan pertamakali. Wajar saja karena ane peribadipun mengalami hal seperti ini. Tapi sebetulnya jawaban untuk pertanyaan ini ada pada diri pribadi masing-masing. Apa tujuannya membuat blog? Apakah blog dibuat agar bisa keindex oleh Google atau hanya sekedar media pembelajaran saja. Blog serius atau hanya blog mainan. Jika blog yang dibuat adalah blog serius dan agar bisa keindex sama mesin pencari, maka ketika pertama kali setelah Install WordPress terdapat hal-hal penting yang harus dilakukan terlebih dahulu. Hal apakah itu? Ok ane akan coba berbagi sedikit ilmu pengetahuan tentang 12 Point Penting Yang Harus Diterapkan Setelah Install WordPress

Ok, katakanlah kamu sudah install wordpress atau buat blog wordpress. Lalu hal apa saja yang harus kamu lakukan sebelum memulai bloging? plugin apa saja yang harus dipakai?
Yah, tulisan ini akan menjawab pertanyaan di atas. Meskipun secara default wordpress ketika sudah selesai diinstall dan siap pakai, tetapi ada baiknya jika kamu melakukan setting dan install plugin dasar.
Setting apa? Plugin apa?
Yang pasti, jika tujuan kamu adalah SEO atau ingin mendapatkan kunjugan, kamu harus mengikuti langkah-langkah ini.

Berikut 12 Point Penting Yang Harus Diterapkan Setelah Install WordPress

Kita mulai saja dan tidak perlu banyak bertele-tele. Ih iya lupa, 10 hal ini hanya bisa dilakukan di WordPress.org atau yang sudah hosting sendiri. Namun sebagian bisa juda diterapkan di WordPress.com.
1. Segera Aktifkan Plugin Akismet
Apa itu Akismet? Akismet adalah plugin WordPress untuk menjaga komentar-komentar yang masuk. Ko komentar harus dijaga? Ya, karena jenis komentar itu bermacam-macam. Tidak semua komentar baik untuk ditampilkan. Contoh kalau komentar hanya membuat sampah, maka wajib dimusnahkan. Nah untuk mengkarantina komentar seperti ini, itu adalah tugasnya plugin Akismet.
Jadi jangan sampai lupa hal pertama yang harus dilakukan setelah Install WordPress adalah segera mengaktifkan plugin Akismet..

Plugin Akismet sudah terpasang secara default ketika kamu install wordpress. Untuk apa akismet? Akismet berfungsi sebagai coments filter, artinya komentar yang akan masuk blog kamu akan di filter terlebih dahulu, apakah spam atau bukan.
Ane sendiri merasakan manfaat dari plugin akismet ini, sebelumnya ane tidak install akismet. Hampir tiap haru masuk komentar spam, yang isinya aneh-aneh. Namun, setelah ane akitvasi akismet, komentar spam di blog ane hampir berkurang 90%.
Untuk aktivasinya kamu harus memiliki API key. Cara mendapatkan API key cukup mudah, kamu hanya perlu registrasi di sini. Lalu aktfkan plugin akismet yang ada di menu plugin.

2. Lengkapi Data di General Setting
Untuk pergi ke General Setting, masih di Dashboard WordPress > Setting > General atau Umum. Disini ane menggunakan pengaturan Bahasa Indonesia. Silakan isi yang penting-pentingnya saja. Diantaranya yang harus diisi pada General Setting adalah : Judul Situs (isi dengan judul web/blog Anda), Slogan (penjelasan singkat tentang web/blog dibuat). Untuk Alamat WordPress (URL) dan Alamat Situs (URL) Anda isi http://domain-anda.
Pengaturan lainnya disesuaikan saja dengan kebutuhan seperti format tanggal, format waktu, dan lain-lain.
Pastikan pada general setting kamu mengisikan informasi tentang blog atau situs kamu. Jika untuk tujuan SEO, ane sarankan judul kamu mengandung “keyword” utama yang kamu pilih.
Untuk mencegah duplicate content, ane sarankan pada bagian “WordPress Address (URL)” dan “Site Address (URL)” kamu memakai http://beta.

3. Tambah Koleksi Ping Automatic WordPress
Ini adalah kelebihannya CMS WordPress dibanding platform lainnya. WordPress tersedia fasilitas untuk membantu proses update otomatis melalui jasa ping automatic. Dengan melakukan ping adalah ibarat kita mengirim sinyal ke mesin pencari bahwa kita sudah membuat artikel terbaru. Yang nantinya artikel kita bisa keindex oleh mesin pencari.
Nah, untuk memberitahukan search engine jika blog kamu sudah di-update atau sudah memiliki tulisan baru. Kamu harus melakukan ping ke beberapa situs ping.
Kabar baiknya, dengan wordpress kamu tidak harus melakukan itu manual. Kamu bisa bersantai ketika sudah mem-publish tulisan baru. Dengan catatan kamu harus menambahkan dulu list situs ping ke Update Services wordpress kamu.
Caranya, masuk ke-menu settingWriting, pada bagian bawah ada Update Services. Isikan list ping di bawah ke sana.



http://blogsearch.google.com/ping/RPC2
http://1470.net/api/ping
http://api.feedster.com/ping
http://api.moreover.com/RPC2
http://api.moreover.com/ping
http://api.my.yahoo.com/RPC2
http://api.my.yahoo.com/rss/ping
http://bblog.com/ping.php
http://bitacoras.net/ping
http://blog.goo.ne.jp/XMLRPC
http://blogdb.jp/xmlrpc
http://blogmatcher.com/u.php
http://bulkfeeds.net/rpc
http://coreblog.org/ping/
http://mod-pubsub.org/kn_apps/blogchatt
http://www.lasermemory.com/lsrpc/
http://ping.amagle.com/
http://ping.bitacoras.com
http://ping.blo.gs/
http://ping.bloggers.jp/rpc/
http://ping.cocolog-nifty.com/xmlrpc
http://ping.blogmura.jp/rpc/
http://ping.exblog.jp/xmlrpc
http://ping.feedburner.com
http://ping.myblog.jp
http://ping.rootblog.com/rpc.php
http://ping.syndic8.com/xmlrpc.php
http://ping.weblogalot.com/rpc.php
http://ping.weblogs.se/
http://pingoat.com/goat/RPC2
http://rcs.datashed.net/RPC2/
http://rpc.blogbuzzmachine.com/RPC2
http://rpc.blogrolling.com/pinger/
http://rpc.icerocket.com:10080/
http://rpc.newsgator.com/
http://rpc.pingomatic.com
http://rpc.technorati.com/rpc/ping
http://rpc.weblogs.com/RPC2
http://topicexchange.com/RPC2
http://trackback.bakeinu.jp/bakeping.php
http://www.a2b.cc/setloc/bp.a2b
http://www.bitacoles.net/ping.php
http://www.blogdigger.com/RPC2
http://www.blogoole.com/ping/
http://www.blogoon.net/ping/
http://www.blogpeople.net/servlet/weblogUpdates
http://www.blogroots.com/tb_populi.blog?id=1
http://www.blogshares.com/rpc.php
http://www.blogsnow.com/ping
http://www.blogstreet.com/xrbin/xmlrpc.cgi
http://www.mod-pubsub.org/kn_apps/blogchatter/ping.php
http://www.newsisfree.com/RPCCloud
http://www.newsisfree.com/xmlrpctest.php
http://www.popdex.com/addsite.php
http://www.snipsnap.org/RPC2
http://www.weblogues.com/RPC/
http://xmlrpc.blogg.de
http://xping.pubsub.com/ping/
** 
4. Lengkapi Data Profil Pribadi
Langkah selanjutnya yang harus dilakukan setelah selesai Install WordPress adalah melengkapi data profil. Silahkan pergi ke menu Pengguna dari Dashboard WordPress dan klik submenu Profil Anda. Didalam submenu Profil Anda terdapat kolom Info Biografi. Jika kolom diisi maka nanti akan tampil disetiap akhir tulisan atau artikel yang dibuat. Istilah lainnya adalah Author Box. Namun jika Author Box tidak muncul, maka kemungkinan tema yang digunakan tidak mendukung fasilitas tersebut

5. Setting Tema
Setelah semua hal diatas selesai dilakukan, sekarang adalah menentukan tema WordPress. Gunakan tema yang SEO Friendly dan loadingnya cepat. Dan ane sarankan agar menggunakan tema yang responsive. Artinya jika blog dibuka dimedia browser apapun akan tampil bagus. Tema responsive akan mengikuti resolusi monitor atau layar sebagai media panayangnya. Biasanya tema yang responsive, jika blog di zoom dengan cara menekan Ctrl+Scroll Mouse maka blog tetap rapih. Dan juga tema responsive jika dizoom maka tidak terdapat scrollbar bawah. Untuk lebih jelasnya, silahkan zoom tema blog ini !
Apalagi untuk saat ini pengguna internet sudah jarang yang menggunakan Personal Computer (PC) atau Laptop. Pengguna Internet saat ini kebanyakan menggunakan gadget.
Untuk tema yang responsive, silahkan Anda cari saja di internet. Baik yang gratis ataupun yang berbayar.

6. Install Plugin SEO By Yoast
Jika blog Anda untuk kebutuhan komersial, maka Plugin SEO sangat penting. Banyak pilihan plugin untuk lebih mengoptimalkan SEO WordPress. Diantaranya yang paling banyak dilakukan oleh WordPresser terkenal adalah Plugin SEO By Yoast.
Namun jika WordPress Anda bukan untuk kebutuhan SEO, maka plugin ini tidak perlu diinstall.

7. Setting Robots.txt
Untuk lebih mengoptimalkan lagi WordPress yang baru saja dibuat adalah wajib setting Robots.txt. Karena tidak semua direktori WordPress harus dikunjungi oleh mesin pencari. Maka untuk keperluan itu semua, Anda perlu membuat file Robots.txt. Membuat file Robots.txt ini bagi pengguna Plugin SEO by Yoast dapat dilakukan dengan mudah. Karena memang fasilitas untuk menempatkan file Robots.txt sudah tersedia di Plugin tersebut.

8. Install Plugin WP Smush.it
Jika membuat blog/web yang kedepannya akan banyak mengupload gambar, maka diwajibkan untuk menginstall Plugin WP Smush.it. Karena biasanya resolusi gambar yang akan diupload ke blog/web memiliki resolusi yang besar. Ini semua perlu dikompress agar resolusi gambar menjadi kecil dan tentunya akan meringankan loading WordPress. Untuk mengompressnya maka kita perlu Plugin WP Smush.it.

9. Segera Buat Sitemap XML
Ini adalah hal penting terakhir yang wajib dilakukan setelah Install WordPress. Agar WordPress dapat berteman baik dengan mesin pencari, segera buat Sitemap XML. Dalam membuat Sitemap XML bisa menggunakan Plugin atau tanpa menggunakan Plugin. Untuk memudahkan, bagi pengguna Plugin SEO by Yoast Sitemap XML sudah tersedia didalam fiturnya.
Mungkin hanya itu saja tulisan tentang apa saja yang harus kita lakukan setelah Install WordPress. Insya Allah hal penting lainnya akan ane tulis pada artikel selanjutnya.

10. Setting Permalink Default WordPress
Secara default permalink WordPress katanya tidak ramah lingkungan. Maksudnya tidak SEO Friendly. Agar permalink bisa berteman akrab dengan mesin pencari maka rubahlah setting defaultnya. Lalu apa itu permalink? Jawaban singkatnya permalink adalah URL yang tampil di address bar.
Untuk melakukan ini semua, Anda tinggal pergi ke menu Setting dari Dashboard wp-admin WordPress. Di menu setting pilih submenu Permalink. Pilih model permalink yang ditampilkan hanya nama tulisan/judul artikel. Seperti permalink contoh di bawah ini adalah http://belajarwpap.com/contoh-tulisan/ atau contoh struktur sesuainya menjadi http://nama-domain/%postname%/.

Permalink adalah link yang tampil di addres bar brwoser untuk blog/website (wordpress). Jika kamu selesai install wordpress baik memakai fantastico atau site software lainnya maupun manual, permalink yang kamu dapatkan akan seperti ini ?p=xxx. xxx menunjukan post id blog.
Untuk tujuan SEO, sebaiknya kamu merubah permalink kamu dengan yang lebih manusiawi. Artinya mudah dibaca manusia. Kamu bisa memakai seperti ini /%postname%.
Bagaimana cara merubahnya?
Masuk pada menu setting, permalink, lalu pada bagian Custom Structure isikan sesuai yang tadi.
11. Setting Wordpess untuk Pertama Kali
Maksudnya apa? Maksudnya kamu harus melakukan konfigurasi ini dulu sebelum kamu menulis di blog kamu. Kenapa? Supaya blog kamu bisa lebih “manusiawi” dan lebih SEO.
Oke, ane mulai aja yah.
12.  Privacy
Seberapapun usaha kamu dalam SEO, jika kamu mengabaikan yang satu ini percumah. Artinya kamu harus memastikan setting ini benar.
Pada sub menu privacy di setting ada dua pilihan, yang pertama “Allow search engines to index this site” dan yang kedua “Ask search engines not to index this site”. Pilih yang pertama.



Di atas adalah seting dasar yang menurut ane wajib dilakukan setiap blogger ketika selesai menginstall wordpress untuk pertama kalinya.
Akan tetapi, jika tujuannya bukan untuk mendapatkan kunjugan, maka tanpa melakukan setting 12 Point Penting Yang Harus Diterapkan Setelah Install WordPress di atas pun tidak masalah.
Jika kamu merasa ada bagian yang kurang, tolong kasih tahu ane. Mungkin kamu memiliki setting lain.
Untuk bagian plugin apa saja yang harus diinstall, ane akan menuliskannya di kesempatan lain. sekian rangkuman tentang 12 Point Penting Yang Harus Diterapkan Setelah Install WordPress sekian terimakasih :V :V
Keywood Terkait:
cara install wordpress di hosting,cara install wordpress di cpanel secara manual,cara install wordpress di localhost,cara install wordpress di cpanel dengan softaculous,cara install wordpress di idhostinger,cara upload wordpress ke cpanel,cara menghapus wordpress di cpanel,cara instal wordpress di cpanel idwebhost,

Post a Comment for "12 Point Penting Yang Harus Diterapkan Setelah Install WordPress"